Selasa, 24 Agustus 2010

MEMBUAT EFEK BAYANGAN LEBIH DINAMIS - PHOTOSHOP

Mungkin Photoshop sudah tidak asing lagi bagi mereka yang terbiasa membuat design. Namun sering kali kita menemui kesulitan untuk membuat suatu efek yang membuat design kita lebih terlihat dinamis dan nyaman dipandang. Biasanya kita sering menggunakan menu Blending Option untuk membuat tampilan yang lebih luwes. Memang cara tersebut cukup ampuh untuk membuat design kita lebih menarik, namun tentu saja sesuatu itu mempunyai kekurangan. Jika kita tidak bisa menguprek-uprek Blending Option, efek yang ditimbulkan akan tidak sesuai keinginan, semua efek yang ditimbulkan akan itu-itu saja.

Di sini kita akan belajar membuat efek bayangan. Tentu saja kita memcoba untuk tidak bergantung pada menu Blending Option, namun tetap saja gambar yang kita ciptakan akan terlihat lebih menarik.

1. Buat document baru dengan ukuran sesuai keinginan kita.
2. Load image yang akan kita jadikan object. Kemudian pindahkan gambar yang kita open ke document baru yang kita buat.

3. Kemudian klik kanan pada layer object yang kita load tadi, pilih Duplicate Layer, beri nama bayangan. Kemudian geser object bayangan tadi ke bawah.


4. Klik pada layer bayangan. Pilih menu Edit-Transform-Flip Vertical.
5. Klik Layer bayangan, kemudian klik pada tool Add Layer Mask
6. Tetapkan warna Foreground dengan warna hitam. Kemudian pilih tool Gradient Tool, pilih settingan foreground to transparant.

7. Setelah melakukan langkah ke 6, arahkan kursor ke bawah gambar bayangan, tekan tombol shift dan drag kursor sampai ke atas object utama. (tombol shift terus ditekan sampai pengedragan selesai(sampai di bagian atas object utama)).
8. Bayanganpun akan terbentuk lebih menarik. (Kita bisa mengatur gradien bayangan dengan mengatur jarak pengedragan awal-akhir atau bisa melakukan pengedragan berkali - kali)
Kita juga bisa menerapkan cara di atas dalam objek teks. Agar menimbulkan kesan yang lebih dinamis, kita dapat menggunakan sebagian step di atas pada objek utama. Keindahan seni bukan tampak hanya dari keturunan, bakat ataupun keahlian saja, melainkan juga dari kreatifitas dan imajinasi yang muncul tiba - tiba. Bakat dan keahlian mudah kita bentuk, yang sulit adalah kemauan untuk membangun kreatifitas seni itu sendiri. Semoga tutorial ini dapat membantu menyelesaiakan masalah yang ada. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar